Menumbuhkan Kesadaran Bahaya Human Trafficking melalui Pelatihan Jurnalistik

Dalam upaya menyebar luaskan informasi dan membangkitkan kesadaran terkait dengan bahaya Human Trafficking, KITA Institute sebagai koordinator kelompok perempuan, mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, tanggal 2-3 Agustus 2021.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh 8 lembaga yang terdiri dari Forum Peduli Perempuan, Vivat International Indonesia, Talithakum Malang Raya, JPIC SSpS Flores Barat, JPIC SFGM, KITA Institute, MILAP, Talithakum Indonesia, dan Truk Maumere. Di mana lembaga tersebut merupakan lembaga yang bergerak dalam pencegahan dan penanganan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Romo Agus AlFonsus Duka sebagai narasumber dalam pelatihan jurnalistik ini menyampaikan terkait dengan tujuan penulisan berita, mengurutkan berita secara acak, cara menulis berita yang baik dengan menggunakan unsur-unsur berita hingga teknik wawancara.

Dalam proses pelatihan jurnalistik ini dilakukan tidak sekedar mendengarkan bagaimana menulis berita dengan baik, tetapi juga berpraktik menulis berita secara langsung yang berhubungan dengan kegiatan yang telah dilakukan di lembaganya masing-masing sebagai upaya pencegahan Human Trafficking.

Selain itu Romo Agus AlFonsus Duka juga menyampaikan bahwa semua yang melanggar kemanusiaan sama saja merendahkan martabat manusia termasuk Human Trafficking yang merupakan kejahatan kemanusiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.