Bantu 105 Face-Shield Untuk Nakes

Percik Salatiga bekerjasama dengan program Serasi dan lembaga Kita Institut menyalurkan bantuan berupa 105 buah Face Sheild atau pelindung wajah yang disalurkan lewat Basarnas Wonosobo Sabtu (11/4/2020). Menurut perwakilan Lembaga Kita Institute dan Percik, Rumiyati, untuk donasi tahap pertama, disalurkan sebanyak 105 buah Face Shield..

WONOSOBO – Percik Salatiga bekerjasama dengan program Serasi dan lembaga Kita Institut menyalurkan bantuan berupa 105 buah Face Sheild atau pelindung wajah yang disalurkan lewat Basarnas Wonosobo Sabtu (11/4/2020). Menurut perwakilan Lembaga Kita Institute dan Percik, Rumiyati, untuk donasi tahap pertama, disalurkan sebanyak 105 buah Face Shield yang harapannya bisa membantu fungsi masker para tenaga kesehatan (nakes) di lapangan. Mengingat resiko mereka terpapar cukup tinggi di tengah wabah corona yang sudah menjangkiti sedikitnya 4 orang di Wonosobo.

Perwakilan Kita Institute dan Percik Salatiga serahkan donasi face shield untuk Tenaga Kesehatan lewat Basarnas.

“Di bantuan tahap pertama sebanyak 105 face shield ini, targetnya yaitu untuk bantu tim paramedis di lapangan seperti para tenaga kesehatan di puskesmas dan bidan atau mereka yang bersinggungan langsung dengan pasien di rumah sakit yang membutuhkan pelindung wajah. Selama wabah covid19 ini, menggerakkan kita gerakkan untuk bantu sesuai apa yang kita miliki dan kita lakukan dengan hal sesederhana apapun termasuk membuat faceshield sesuai standar WHO ini,” ungkap Rumiyati usai penyerahan di Basarnas Wonosobo, kemarin.

Dijelaskan Rumi, bahwa pelindung wajah didistribusikan lewat Basarnas kemudian untuk didonasikan sesuai instansi yang membutuhkan. Untuk pembelian alat dan bahan face-shield, dibantu donasi dari Lembaga Kita, Kata Hawa, dan Percik Salatiga yang dikoordinasikan oleh program talkshow dwi mingguan, Serasi (semangat Rakyat Beraksi).

“Pembuatan face-shield ini, dibantu para ibu di kampung Sitiung termasuk ibu Rowi dan ibu Inung. Secara umum, tujuannya adalah menolong sesama peduli pencegahan dan penanganan covid 19 dan semoga bisa kami adakan lagi bantuan lain di tahap ke dua,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Pos Basarnas Wonosobo, Hardi A Rijal, menyebut bahwa bantuan face shield tersebut sangat bermanfaat untuk tambahan APD, mengingat kebutuhan APD di Rumah Sakit maupun di Puskesmas sangat terbatas, apalagi saat ini kebutuhan yang mendesak seperti masker medis sangat sulit dicukupi.

“face shield ini bisa digunakan untuk pelindung wajah yang bisa membantu masker untuk bagian lain wajah sperti mata. Kami juga saling mendukung penuh dengan libatkan relawan untuk piket di call center di bawah koordinasi BPBD bidang pencegahan dan mitigasi, untuk penanganan dari Dinkes,” pungkasnya. (KI-2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published.