Pencegahan TPPO melalui Gerakan Literasi

KITA INSTITUTE melakukan upaya pencegahan TPPO di tingkat desa, salah satunya di Desa Jengkol, Kecamatan Garung, kegiatan ini dilakukan melalui Gerakan Literasi menggunakan konsep pemberdayaan.

Gerakan Literasi yang lebih akrab dikenal dengan Literasi Rumah Baca KITA ini dilakukan setiap 2 minggu satu kali dari re rumah ke rumah, yang diikuti kurang lebih 25 anak yang terdiri dari 2 kelas, Kelas Semangat dan Kelas Ceria. Meskipun sesuai jadwal dilakukan 2 minggu satu kali tetapi anak-anak berinisiatif melakukan kegiatan literasi 1 minggu sekali yang diisi dengan kegiatan ekstrakulikuler mulai dari menari, bernyanyi, dan kesenian gambus.

Gerakan Literasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Pendidikan, pembentukan karakter anak, kepekaan sosial dan peningkatan ketrampilan anak, hal ini sebagai upaya pencegahan TPPO sedini mungkin khususnya di Desa Jengkol.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 akhir hingga sekarang, bisa dikatakan bahwa gerakan ini memiliki perkembangan yang pesat, mulai dari jumlah keanggotaan yang meningkat, hingga antusias dan konsistensi anak-anak untuk terus mengikuti kegiatan positif dalam meningkatkan semangat anak-anak muda dalam mewujudkan perubahan dan pembangunan yang lebih baik.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.