Pentingnya Layanan Dasar dan Akuntabilitas Sosial bagi Pemerintah Desa serta Masyarakat Desa

Wonosobo, KITA INSTITUTE mengadakan kegiatan Sosialisasi Pentingnya Layanan Dasar dan Akuntabilitas Sosial, yang diselenggarakan di 2 Desa di Kecamatan Kejajar yaitu Desa Sikunang dan Desa Campursari. Kegiatan Sosialisasi di Desa Campursari dilaksanakan pada Hari Jum’at Tanggal 7 Juli 2023 bertempat di Balai Desa Campursari . Dalam Kegiatan tersebut mengundang beberapa Elemen masyarakat, seperti Pemerintah Desa, Bidan Desa, Pengurus PKK, Kader Posyandu, PIK-R serta Perwakilan Pemuda. Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman masyarakat terkait Layanan Dasar, pentingnya akuntabilitas Sosial, serta Melibatkan masyarakat untuk mendorong pemerintah dalam pemenuhan Layanan Dasar. Kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam menyimak dan berdiskusi.

Kegiatan Sosilisasi Pentingnya Layanan Dasar dan Akuntabilitas Sosial merupakan serial Kegiatan Fasilitasi Masyarakat dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Program Meningkatkan Mekanisme Akuntabilitas Sosial untuk Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Daerah Pengembangan Energi Terbarukan Geothermal yang dilaksanakan oleh KITA INSTITUTE dan YAPPIKA.

Tujuan dari adanya Program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemenuhan SPM oleh pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan akuntabilitas sosial dalam tata Kelola sumber daya energi terbarukan di  Wonosobo. Kegiatan ini akan berlangsung di ibu kota Kabupaten Wonosobo untuk bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan di 2 lokasi (desa) sebagai titik awal untuk memulai praktik akuntabilitas sosial tingkat masyarakat dan mendemonstrasikan model dalam skala besar untuk menjangkau seluruh wilayah.

Selain itu Program ini juga bertujuan untuk berkontribusi pada meningkatkannya pemenuhan hak dasar masyarakat local di sekitar proyek energi terbarukan (Geothermal) di Kabupaten Wonosobo. Dalam hal ini adanya misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di bidang Kesehatan dan Pendidikan. Harapannya dengan adanya Perusahaan Geothermal akan dirasakan  kebermanfaatannya oleh warga masyarakat sekitar terutama layanan dasar dan keterlibatan Geothermal yang berkontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. *Dimdji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *